Tips Menghilangkan Bau Kencing Kucing

| |
Tips Menghilangkan Bau Kencing Kucing

Memang menyebalkan saat kucing kencing sembarangan. Baunya itu loh, tajam banget, Solusi untuk menghilangkan bau kencing kucing, yaitu pertama bersihkan area yang dikencingi kucing menggunakan kain lap atau handuk basah, Kedua berikan produk penghilang bau kencing khusus untuk hewan pada tempat yang di kencingi kucing untuk mendegradasi senyawa amoniak dan asam amino yang menimbulkan bau pesing.

 

Kenapa kencing kucing berbau ?

 

Untuk bisa menghilangkan bau kencing kucing yang pesing, kita perlu tahu penyebab kencing kucing bisa sangat bau. Air kencing kucing menjadi sangat bau karena didalam kencing kucing terdapat senyawa:

  1. Air 95%
  2. Amoniak
  3. Urea
  4. Klorida
  5. Natrium
  6. Kalium
  7. Keratin
  8. Ion terlarut lainnya
  9. Senyawa anorganik
  10. Senyawa organik (protein, hormon, metabolit)

Komposisi senyawa yang terdapat pada air kencing kucing dapat berubah tergantung jenis makanan yang dia makan dan tergantung kesehatan ginjal kucing. Makanan kucing yang mengandung protein tinggi akan meningkatkan pembentukan senyawa urea dan amoniak pada urin kucing.

 

Bagaimana cara menghilangkan bau kencing kucing?

 

Setelah kita tahu senyawa yang menyebabkan bau pesing pada kencing kucing. Kita akan lebih mudah untuk mencari solusinya. Penyebab bau pesing adalah senyawa urea dan amoniak yang terlalu pekat. Solusi untuk menghilangkan urea dan amoniak adalah:

1. Menguapkan dan mengencerkan urea dan amoniak dengan air panas atau suhu panas.

2. Mengencerkan urea dan amoniak dengan air + asam

3. Menetralkan urea dan amoniak dengan senyawa basa dari sabun pembersih

4. Menghidrolisis urea dan amoniak dengan enzym penghilang bau menyengat

5. Menimpa bau urea dan amoniak dengan bau yang lebih pekat, misal bau kopi, parfum, kapur wangi.

 

Berikut ini beberapa keluhan para pemilik kucing tentang cara menghilangkan bau kencing kucing.

 

 

Cara menghilangkan bau kencing kucing di jok mobil

Untuk menghilangkan bau kencing kucing di jok mobil, Anda harus memperhatikan bahan dasar jok mobil Anda dan alat pembersih yang akan Anda pilih.

1. Bukalah semua pintu mobil

Anda harus membuka semua pintu mobil Anda agar udara dapat bersirkulasi dengan lancar. Bau pesing dari kencing kucing dapat berkurang saat Anda membiarkan udara bersih masuk.

Setelah itu segera cari lokasi mana saja yang terkena kencing kucing. Harap segera amankan segala barang berharga Anda yang ada didalam mobil agar tidak terkena rembesan kencing kucing.

Anda perlu menggunakan sarung tangan karet, selain untuk menghindarkan dari iritasi bahan kimia, kencing kucing juga dapat menjadi media penyebaran penyakit menular kucing ke manusia.

 

2. Persiapkan ramuan pembersih

Saya mengasumsikan Anda menangani bau kencing kucing yang masih segar/basah. Alat yang perlu Anda siapkan adalah air hangat, cuka apel (cuka yang lain juga boleh), sabun cuci piring, baskom air, dan sponge busa.

Fungsi setiap bahan yang dipakai:

  1. Air hangat berfungsi untuk mengencerkan amoniak dan urea penyebab bau menyengat
  2. Cuka apel berfungsi sebagai pengencer amoniak, urea dan pembunuh bakteri. Jika Anda tidak dapat menemukan cuka apel, Anda dapat menggunakan cuka yang lain. Atau juga dapat diganti dengan alkohol 70%
  3. Sabun cuci piring berfungsi sebagai bahan kimia penetral amoniak dan urea. Selain itu sabun cuci piring juga dilengkapi pewangi yang mampu menimba sisa bau yang ditinggalkan oleh kencing kucing.

Cara membuat ramuan pembersih:

  1. Siapkan baskom air dan isi dengan 2 gelas air hangat (470ml)
  2. Campurkan 15 ml cuka apel + 15 ml sabun cuci piring bersama dengan air hangat, jika Anda tidak punya alat untuk menakar 15ml = 1 sendok makan
  3. Aduk sampai bersampur secara sempurna

 

3. Bersihkan noda kencing kucing

Sekarang gunakan sarung tangan karet Anda dan ambil sponge busa yang telah Anda siapkan. Masukkan sponge busa kedalam ramuan yang telah dibuat. Celupkan dan peras jangan sambai banyak cairan yang menetes. Setelah itu tempelkan pada noda kencing kucing.

Catatan: Jangan menyeka atau menyapu, hanya tempelkan dengan lembut pada bekas kencing kucing yang masih basah. Biarkan sponge busa menyerap kencing kucing sepenuhnya.

Tindakan mengusap, menyapu atau menekan hanya akan membuat kencing kucing terserap lebih dalam ke jok mobil Anda. Mulailah membersihkan kencing kucing dari luar, baru ketengah secara perlahan. Perlakuan ini untuk mencegah kencing kucing menyebar.

Peraslah sponge ke tempat pembuangan yang telah disiapkan. Kemudian celupkan lagi ke ramuan yang telah dibuat dan lakukan pembersihan lagi. Ulangi sampai semua kencing kucing bersih dari jok mobil Anda.

 

4. Pengeringan

Tahap selanjutnya adalah pengeringan. Jika Anda sudah benar-benar merasa bersih, dan semua kencing kucing sudah di bersihkan secara menyeluruh, saatnya proses pengeringan.

Anda membutuhkan kain kering yang lembut. Kain kering digunakan untuk membersihkan noda atau kotoran yang tertinggal dan menyerap sisa sisa ramuan pembersih yang masih membasahi jok mobil Anda.

Cara pakainya Anda hanya perlu mengusap-usap jok mobil Anda dan mengeringkan semua bagian yang terlihat lembab atau basah. Setelah itu biarkan jok mobil selama beberapa menit agar bau yang tersisa terbawa oleh angin. Usahakan semua pintu masih dalam kondisi terbuka. Jika dirasa sudah tidak bau dan jok mobil sudah kering, Anda dapat menutup pintu mobil Anda. Selesai, jok mobil Anda terbebas dari bau pesing kencing kucing.

 

Demikianlah beberapa informasi dari tentang Tips Menghilangkan Bau Kencing Kucing. Jika teman-teman masih belum paham, silakan tinggalkan komentar di bawah.




Bagikan Artikel :