Panduan Cara Merawat Kucing Hamil Sampai Melahirkan

| |
Panduan Cara Merawat Kucing Hamil Sampai Melahirkan

Anda membaca panduan tentang topik "Kucing Hamil". Artikel ini akan menjelaskan secara detail cara merawat kucing hamil dari awal kehamilan hingga persalinan.

Berapa lama kucing hamil?

Dalam keadaan normal, lama kucing hamil adalah sekitar 58-67 hari. Perhitungan dimulai dari saat sel telur kucing dibuahi oleh sperma kucing jantan. Namun, sebenarnya kehamilan pada minggu pertama sulit dideteksi.Oleh karena itu, masih relatif sulit untuk menentukan ciri-ciri kucing bunting 1 minggu setelah berhubungan. Perubahan perilaku dan perubahan fisik kucing tidak dapat dilihat dengan jelas. Jika Anda ingin mengetahui tentang kehamilan kucing di minggu pertama, bawalah kucing ke dokter hewan. Dokter hewan memiliki peralatan medis yang dapat mendiagnosis awal kehamilan dengan benar.

 

Apa tidak ada cara simple dan gratis? 

Ada, tapi kamu harus sabar. Mau? Setelah mengawinkan kucing, tunggu 15-18 hari. Saat telur kucing betina sudah dibuahi sempurna, blastokista akan terbentuk. Blastula akan memicu perubahan fungsi hormon. Hormon estrogen yang memicu birahi akan menghentikan gejolak birahi. hormon estrogen memicu pembentukan kelenjar susu. Perubahan tingkat hormon estrogen bertanggung jawab atas perubahan perilaku dan tubuh kucing. Dari minggu ke-2 hingga ke-3, tanda-tanda perubahan fisik terlihat jelas. 

 

CATATAN: Masa kehamilan kucing kampung sekitar 58-67 hari. Sama seperti kucing ras yang lain. Tapi, jika terjadi kelainan kehamilan, kadang anak kucing lahir prematur.

 

Cara mengetahui kucing hamil

Jika Anda bersedia menunggu 15-18 hari, Anda dapat dengan mudah mengetahui bahwa kucing itu hamil. Amati perubahan kepribadian, perilaku, dan kondisi fisik kucing betina saya. Setelah 2-3 minggu, tanda-tanda kucing hamil akan terlihat sangat jelas. 

 

Ciri-ciri kucing hamil

Anda dapat mengetahui ciri-ciri kucing hamil melalui 3 cara:

  1. Mengamati ciri fisik kucing.
  2. Mengamati perubahan perilaku kucing.
  3. Mengamati perkembangan janin menggunakan alat Ultra Sonografi (USG)

Saya akan membahasnya. Lanjut membaca!

 

1. Ciri fisik kucing hamil

Di awal saya menjelaskan tentang hormon estrogen. Estrogen pada kucing dengan kehamilan positif dapat mengubah penampilan fisik kucing. Inilah ciri kucing betina hamil. 

- Puting kucing membesar dan memerah (pinking up)

Ciri ciri kucing hamil muda pertama adalah munculnya fenomena pinking up. Jadi, puting susu kucing betina akan membesar dan berwarna merah.

Catatan: Pada kucing betina normal yang tidak bunting, puting tidak menonjol dan tidak berwarna terang.

- Perut kucing betina membesar

Saat hamil, perut kucing betina akan membesar. Normalnya, rahim kucing betina bisa menampung 3-6 anak dalam satu kali kehamilan. Sebab, saat hamil, perut kucing akan membesar. 

- Berat badan kucing akan bertambah 1-2 kg tanpa sebab yang jelas

Embrio anak kucing telah tumbuh menjadi janin. Bayangkan seekor kucing memiliki 5 anak. Setiap anak memiliki berat 300 gram. Sebab, berat janin kucing adalah 1,5 kg

 

2. Perubahan perilaku kucing hamil

- Kucing mendadak tidak mau dikawin kucing jantan

Rahim kucing bisa menampung 3-6 anak. Karenanya, terkadang kucing betina bisa kawin dengan 2-3 kucing jantan. Jangan khawatir, kucing betina seperti ini. Nantinya, setelah hamil, siklus hasrat seksual kucing betina akan hilang. Kucing betina akan menolak untuk dikawin dengan kucing jantan. Saat kucing jantan ngotot ingin kawin, kucing betina akan membela diri dan melawan. Pasalnya, hormon seks kucing betina mengalami penurunan, dan progesteron meningkat. Karena itu, kucing betina tidak mau kawin.

- Kucing Hamil Muntah (Morning Sickness)

Kucing betina yang baru saja hamil sering mengalami mual dan muntah. Sama seperti manusia, kucing betina juga mengalami morning sickness. Tahukah Anda tentang awal kehamilan? Itulah frekuensi muntah-muntah saat awal kehamilan. Morning sickness bukanlah penyakit. Dan Anda tidak perlu takut. Ini memang fenomena di tahap awal kehamilan. Namun, jika kucing Anda mulai menolak makan, tubuhnya akan menjadi pucat dan lemah, serta wajahnya menjadi pucat. Segera temui dokter. Nantinya kucing akan mendapat makanan untuk menambah nafsu makan kucing.

- Nafsu Makan Kucing Meningkat

Anda perlu memberikan lebih banyak makanan untuk kucing betina. Kucing sering merasa lapar dan ingin makan. Rasio nafsu makan kucing terhadap makanan kucing akan meningkat berkali-kali lipat. Tenang, itu normal. Kucing tidak makan sendiri. Ia juga makan untuk memberikan nutrisi yang cukup bagi anak kucing yang dikandungnya. Jika Anda memiliki cukup uang, silakan beli Royal Canin Pro Queen. Nutrisi makanan kucing dapat memenuhi kebutuhan kucing hamil dan anaknya.

- Kucing Bertingkah Manja dan Selalu Ingin diperhatikan

Ini perilaku yang paling mencolok saat kucing hamil. 

  • Pertama, kucing betina selalu mencari perhatian dan minta dimanja.
  • Kedua, kucing betina menjadi suka tidur.
  • Ketiga, kucing betina mulai membuat sarang.

Jika Anda melihat perilaku aneh, segera berikan perhatian khusus. Penuhi kebutuhan dan kebutuhan kucing. 

- Cara mengetahui kucing hamil melalui ultrasonograsi (USG)

Saat ini, klinik hewan menyediakan alat ultrasonografi  (USG) khusus untuk kucing. Dengan USG, Anda bisa mengamati perkembangan janin kucing dari awal kehamilan hingga kelahiran. Biaya pemeriksaan USG untuk kucing kurang lebih Rp 200.000-500.000. Itu tergantung pada kompleksitas peralatan USG dan keahlian kedokteran hewan.

 

Usia produktif kucing betina

Masa pubertas kucing betina berbeda. Oleh karena itu, selama organ reproduksi kucing sempurna, kucing betina dapat hamil. Dalam keadaan normal, kucing betina berumur 4-6 bulan bisa hamil. Anda perlu mengetahui satu hal. Kucing tidak mengalami menopause. Sebab, kucing bisa hamil dan dilahirkan pada usia 4-6 bulan hingga akhir hayatnya. Rahim kucing akan selalu subur dan akan selalu hamil. Hebat, bukan?

 

Makanan untuk kucing hamil

Sebagai pemilik kucing yang baik, Anda perlu memberikan makanan bergizi untuk kucing Anda. Pastikan nutrisi kucing seimbang dan makanannya cukup. Hasilnya, anak kucing akan tumbuh dengan baik, dan induk kucing akan memiliki produksi ASI yang tinggi. 

Apa saja nutrisi yang dibutuhkan kucing saat hamil?

  1. Protein berkualitas tinggi.
  2. Kalori berkualitas.
  3. Vitamin & mineral secukupnya

Kucing betina membutuhkan banyak makanan bergizi tinggi sebagai sumber energi. Sangat lelah dari tahap awal kehamilan hingga persalinan. Apalagi saat kontraksi saat melahirkan pasti sangat menguras tenaga.

 

5 tanda-tanda kucing siap melahirkan

 

Semakin mendekati hari persalinan, kucing mengeong terus. Beberapa bulu kucing rontok. Dan kucing terlihat gelisah. Berikut ini beberapa tanda-tanda kucing siap melahirkan.

1. Ukuran kelenjar susu kucing meningkat

Pada minggu terakhir kehamilan, kelenjar susu kucing akan membesar. Payudara tersusun dalam dua baris paralel. Letak payudara memanjang di sepanjang dinding luar tubuh. Kelenjar ini memanjang dari daerah selangkangan hingga dada bagian bawah. Kucing biasanya memiliki 4 pasang kelenjar susu. Sekitar dua hari sebelum kucing lahir, dia akan mulai memproduksi susu kucing. Jika Anda ingin memeriksanya, Anda akan melihat cairan kental dari puting kucing. Kucing Anda mungkin menjilat atau mengeringkannya. Terkadang Anda akan melihat bekas putih di puting kucing.

 

2. Kucing mulai membangun sarang

Perilaku kucing Anda akan menjadi aneh. Kucing menjadi mudah tersinggung dan mulai mengumpulkan barang-barang untuk membangun sarang, seperti kain bekas, selimut dan daun.  Kamu dapat membantu kucing kamu dengan meletakkan kotak kardus atau sarang yang telah kamu buat di ruangan yang tenang, hangat dan remang-remang, serta bebas dari angin. Sarang yang berbentuk kotal sangat penting untuk melindungi anak kucing dari kedinginan. Anak kucing yang baru lahir masih memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Dia tidak dapat mengatur suhu tubuhnya.

 

3. Suhu badan kucing akan turun

Pada saat hamil badan kucing agak hangat. kamu dapat mengukur suhu kucing secara berkala dengan thermometer khusus kucing. Suhu normal kucing kamu antara 37,7º hingga 39,1ºC (100º hingga 102,5ºF).

Pada saat akan melahirkan suhu badan kucing akan menurun secara tiba-tiba. Satu atau dua hari sebelum melahirkan, suhu tubuhnya akan turun menjadi 37,2ºC (99ºF). kamu dapat mengukur suhunya di ketiak jika dia mengizinkan kamu.

 

4. Perubahan perilaku

Kucing Anda akan mulai menunjukkan perubahan perilaku yang jelas. Pada minggu terakhir kehamilan, kucing Anda akan senang bersembunyi di tempat tertutup (tersembunyi di sebanyak mungkin area terpencil di rumah Anda), atau menjadi sangat manja. Ini biasanya terjadi ketika dia memiliki hubungan dekat dengan majikannya. Seekor kucing manja ingin pemiliknya menemaninya.

 

5. Penurunan nafsu makan

Dalam beberapa hari terakhir kelahiran anak kucing, nafsu makan kucing betina menurun. Dia akan menunjukkan kegelisahan dan kecemasan.  Tekanan yang meningkat pada janin akan membuat sebagian besar kucing tidak merasa lapar. Dia akan menolak saat Anda memberinya makan.

 

Bagaimana cara kucing melahirkan?

Saat ingin melahirkan kucing akan mengeong terus menerus dan mulai terjadi kontraksi. Proses melahirkan pun dimulai.  Proses pertama dimulai dengan pembuangan darah dari saluran reproduksi kucing. Selanjutnya, anak kucing keluar satu per satu.

Momen yang paling mendebarkan. Saya bisa menangis melihat perjuangnya. Selamat ya cing, kamu sudah menjadi ibu dari anak-anakmu.

 




Bagikan Artikel :