Hal Penting Sebelum Memulai Bisnis Yang Harus Dilakukan

| |
Hal Penting Sebelum Memulai Bisnis Yang Harus Dilakukan

Saat ini banyak orang yang berusaha keras untuk mencapai kesuksesan komersial, bahkan banyak anak muda yang sukses dalam bisnis. Namun, jangan berpikir bahwa sukses itu mudah. Untuk sukses di dunia bisnis memang tidak mudah, Anda akan menghadapi banyak kendala dan tantangan.

#1. Pintar mengambil peluang dan fokus pada peluang tersebut

Di zaman yang sangat modern ini, kita harus jeli dengan peluang yang ada. Kita harus bijaksana untuk memahami kebutuhan masyarakat saat ini. Kalaupun tidak banyak konsumen yang membutuhkan komoditas tersebut, sebaiknya kita tidak hanya menjual komoditas. Fokus pada satu bisnis dulu. Jika bisnis pertama Anda tidak berhasil, jangan menjalankan banyak bisnis. Bayangkan jika Anda belum bisa menangani satu bisnis, bagaimana Anda mengelola bisnis lain? Jadi, pertama-tama fokuslah hanya pada satu bisnis Anda.

#2. Jalankan bisnis yang Anda sukai

Dengan menjalankan bisnis yang Anda sukai, Anda bisa menguasai bisnis itu. Itu karena Anda akan melakukan yang terbaik daripada dipaksa. Jika Anda bekerja di bawah tekanan, Anda dapat menjamin bahwa bisnis Anda akan runtuh dan bisnis Anda akan hancur. Jangan melihat bisnis dari perspektif pendapatan yang besar, tetapi perhatikan juga apakah Anda memiliki kemampuan untuk terlibat dalam bisnis tersebut, apakah Anda menyukai bisnis tersebut, dan apakah Anda puas dengan bisnis tersebut. Jika tidak ada jawaban, segera tinggalkan perusahaan.

#3. Anda harus menguasai bisnis yang akan Anda jalankan

Pada awal bisnis Anda pasti membutuhkan dana. Jika Anda memiliki modal sendiri tidak apa-apa, tetapi jika Anda tidak memiliki modal tetapi berencana untuk mengumpulkan dana, dan Anda memiliki semua pengetahuan tentang bisnis tersebut, maka Anda harus tahu keuntungan apa yang akan Anda dapatkan dari bisnis tersebut. Dengan cara ini investor dapat dengan mudah mengubah uang menjadi modal Anda. Anda harus bisa menguraikan bisnis Anda dan mengapa mereka harus berinvestasi dalam bisnis Anda.

#4. Bukan hanya dari pengalaman sendiri, tetapi belajar juga dari orang lain

Tidak hanya belajar bisnis dari tutorial di internet, tapi juga belajar dari pengusaha lain. Tidak hanya belajar dari pengalaman pribadi, tetapi juga belajar ilmu bisnis dari pengalaman orang lain, terutama mereka yang berada di dasar bisnis tetapi kini telah menjadi orang-orang sukses. Jangan malu bertanya kepada mereka yang lebih tahu tentang bisnis daripada Anda.

#5. Hidup jangan banyak gaya, sederhana tapi kerja nyata

Saat memulai bisnis, mohon lupakan semua hal yang tidak perlu dalam hidup, seperti fashion. Sebelum memulai bisnis, usahakan untuk tidak berlebihan. Hilangkan pemikiran berikut: Jika Anda sukses dalam bisnis, Anda akan dipuji oleh banyak orang dan mendapatkan banyak uang.

Ini penting, tapi jangan fokus ke sana, karena sekalipun Anda gagal sekali pun niat Anda berbisnis akan sirna, karena ekspektasi bisnis Anda berbeda dengan yang ada di dunia nyata. Ketika Anda memutuskan untuk memulai bisnis, silakan jalani saja dan lakukan beberapa kerja praktek.

#6. Kalau gagal coba lagi

Jika berhasil sekali, maka sulit bagi sebuah perusahaan untuk langsung sukses, karena biasanya kesuksesan tidak bertahan lama, karena Anda tidak akan kesulitan membangun kepercayaan dalam menjual produk. Jika upaya gagal, hanya ada dua opsi, lanjutkan atau hentikan.

Jika Anda memilih untuk melanjutkan, Anda masih dapat mengejar impian Anda dan mewujudkannya, tetapi jika Anda memilih untuk berhenti, impian Anda akan diambil oleh orang lain. Apakah itu menyakitkan? Oleh karena itu, saat Anda menemui kegagalan, mohon jangan cepat menyerah dan terus berusaha. Apalagi ini adalah kegagalan pertama. Ingatlah, pengusaha yang tidak sukses tidak akan pernah gagal, semua pengusaha pernah mengalami apa yang disebut kegagalan.

#7. Buat konsep yang bagus dan tunjukkan pada investor

Untuk menarik hati investor, harap munculkan konsep terbaik yang dapat Anda pikirkan. Coba lihat konsep Anda agar investor tertarik memberi Anda modal. Jika filosofi bisnis Anda normal, bagaimana investor dapat mempercayakan uangnya kepada Anda? Mengedepankan konsep yang menguntungkan investor sehingga investor dapat dengan mudah membelanjakan uang untuk modal Anda.

Jika ide Anda kurang bagus, jangan berharap investor membelanjakan uang untuk modal Anda, tetapi jika Anda membuat ide bisnis terbaik, investor sendiri akan menghubungi Anda untuk mendanai modal Anda.

#8. Ingat kesehatan

Kesuksesan bisnis sangat diperlukan, tetapi jangan pernah melupakan kesehatan. Jika Anda merasa tidak nyaman karena terlalu fokus pada bisnis Anda, semua yang Anda lakukan akan sia-sia. Lagipula, jika kesehatan Anda terganggu, Anda tidak akan bisa fokus berbisnis, akibatnya bisnis Anda bisa runtuh, bahkan lebih parah lagi, bisnis Anda bisa hancur.

Oleh karena itu mohon bekerja keras, makan teratur dan sesuaikan waktu istirahat dengan terampil untuk menjaga kesehatan Anda. Untuk ini, cobalah keseimbangan antara pekerjaan dan kesehatan. Jangan berprasangka buruk.

#9. Lakukan pergerakan, jangan hanya bermimpi dan berkata

Jika Anda memutuskan untuk memulai bisnis, segera mulai dan jangan pernah menunda penundaan. Jika Anda selalu menunda-nunda pekerjaan, kapan Anda bisa berbisnis? Orang akan mempercayai tindakan nyata Anda daripada kata-kata. Buktikan kepada semua orang bahwa Anda adalah pengusaha muda yang sukses.

Ingat, ketika Anda menunda pekerjaan hari ini, Anda menutup pintu kesuksesan besok. Percuma membangun konsep Anda dengan baik, tetapi jika Anda selalu menunda pekerjaan, maka investor tidak akan membayar modal Anda. Jika Anda mengakhiri bisnis Anda, konsumen juga akan lari dari Anda.

#10. Promosi

Ini adalah hal yang penting. Untuk apa bisnis Anda buat kalau Anda tidak mempromosikannya. Anda bisa mempromosikan dengan cara offline ataupun dengan online. Promosikan bisnis Anda, bisa kepada keluarga, sahabat, teman, pacar, atau siapa pun. Anda juga bisa mempromosikannya lewat internet, melalui media sosial atau menggunakan jasa periklanan online.

 




Bagikan Artikel :